BANDARA_JUANDA_TRI_SETYO_WIJANARKO_DSC_0113

Tiga Maskapai Domestik Akan Beroperasi di Terminal 2 Bandara Juanda

Oct 22 • Berita Domestik • 6320 Views • No Comments

Terminal baru Bandara Juanda Surabaya akan segera dioperasikan pada 10 November 2013, sebagai tahap uji coba untuk penerbangan domestik. Menurut Alip Nugroho sebagai pimpinan proyek Terminal 2 Bandara Juanda yang dikutip dari Tempo, ada tiga maskapai penerbangan domestik yang akan beroperasi di terminal baru ini, yaitu Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia dan Tigerair Mandala.

Alip mengatakan, untuk maskapai penerbangan lainnya tetap melayani penumpang yang berangkat dan datang di Surabaya¬† dari terminal lama. “Hanya tiga maskapai nasional yang ditawari melayani penumpang di Terminal 2 Juanda,” kata Alip.

Menurut Alip, sebelumnya Terminal 2 Bandara Juanda didedikasikan untuk penerbangan domestik bagi maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia dan seluruh penerbangan internasional. Namun, setelah melalui perhitungan, rencana ini kurang menguntungkan bagi penyewa stand di Terminal 2, sehingga maskapai penerbangan domestik lainnya diundang untuk mengisi terminal baru.

Dari laporan yang diterima PT Angkasa Pura I, kata Alip, penumpang Garuda Indonesia untuk rute-rute domestik sebanyak 1,5 juta orang, terhitung sejak Januari-September 2013. Melalui direktur komersial PT Angkasa Pura I, pihaknya merevisi maskapai domestik yang beroperasi di Terminal 2 Bandara Juanda.

Meskipun demikian, Alip tidak mengetahui proses penunjukan maskapai Indonesia AirAsia dan Tigerair Mandala yang terpilih untuk mengisi slot penerbangan domestik di Terminal 2 Bandara Juanda. Secara total, gabungan penumpang antara Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia dan Tigerair Mandala selama satu tahun diperkirakan akan mencapai 5 juta, hampir mencapai kapasitas terminal yang mampu menampung hingga 6,5 juta penumpang per tahun.

Terminal 1 Bandara Juanda yang beroperasi saat ini masih akan digunakan untuk operasional maskapai-maskapai penerbangan, seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink Indonesia, Trigana Air, Kalstar Aviation dan maskapai-maskapai lainnya.

Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Juanda memiliki desain dengan kapasitas masing-masing 6,5 juta penumpang per tahun, sehingga totalnya bisa menampung 13 juta penumpang per tahun. Padahal, tahun lalu pergerakan penumpang di Bandara Juanda sebanyak 16,3 juta penumpang. Dengan demikian, saat Terminal 2 dioperasikan nanti, Bandara Juanda tetap akan mengalami overload.

Sementara itu, penerbangan internasional di Terminal 2 Bandara Juanda kemungkinan akan dimulai pada Februari 2014 mendatang. Proyek Terminal 2 Bandara Juanda ini menelan anggaran sebesar Rp 946 miliar.

Foto: Tri Setyo Wijanarko/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

ShareEmail this to someoneShare on Facebook0Tweet about this on Twitter12Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on TumblrDigg this

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

« »