Lukla Airport (Nepalmountainnews.com)

Bandara Lukla, Salah Satu Bandara Paling Ekstrim di Dunia

Jun 19 • Galley • 1563 Views • No Comments

Jika Anda ingin mendaki Gunung Everest maka Anda harus melakukan perjalanan udara dan mendarat di Bandara Lukla. Petualangan berbahaya sudah harus Anda alami sejak saat itu.

Berada di ketinggian 2.843 meter, bandara mungil itu memiliki reputasi sebagai salah satu bandara paling berbahaya di dunia.

Satu-satunya landas pacu yang ada itu sempit, pendek, dan curam. Kelebihan atau kekurangan beberapa meter maka pesawat akan menabrak gunung.

“Setelah Anda melewati sungai di sana, Anda tidak bisa berbalik. Anda harus mendarat,” tegas Pramod Poudel, pilot Tara Air yang telah melakukan ratusan penerbangan ke Lukla.

Dibangun di sisi Gunung Everest, bandara itu dibangun oleh Sir Edmund Hillary pada 1965, 12 tahun setelah dia menjadi orang pertama yang mendaki gunung tertinggi di dunia itu. Pembangunan bandara itu dimaksudkan membantu mengentaskan kemiskinan di wilayah terpencil itu.

Bandara yang diberi nama Tenzing-Hillary, diambil dari nama Edmund Hillary dan rekannya sesama pendaki Tenzing Norgay menjadi salah satu bandara tersibuk di Nepal.

Ribuan pendaki gunung yang ingin mengunjungi Gunung Everest harus melalui bandara itu jika mereka tidak ingin melakukan perjalanan menggunakan bus yang memakan waktu satu hari dari Katmandu yang dilanjutkan trekking selama lima hari.

Poudel menegaskan dirinya dan pilot lainnya harus berkonsentrasi penuh saat mendarat di satu-satunya landas pacu di bandara itu. Landas pacu tunggal itu hanya memiliki panjang kurang dari 500 meter, memiliki kemiringan 12 derajat, dan lebar kurang dari 20 meter.

“Karena tidak ada kemungkinan untuk memutar balik, Anda harus mengkalkulasikan banyak hal seperti kecepatan angin, tailwind, dan kabut. Jika Anda tidak melakukan perhitungan yang tepat maka kecelakaan akan terjadi,” ujarnya.

Bandara tersebut hanya bisa didarati oleh pesawat berjenis short take-off and landing (STOL) seperti Twin Otter atau Dornier yang hanya bisa mengangkut 18 penumpang. Bandara itu hanya bisa menampung empat pesawat yang diparkir pada sekali waktu.

Sumber: Metrotvnews.com

Foto: Nepalmountainnews.com

ShareEmail this to someoneShare on Facebook8Tweet about this on Twitter6Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on TumblrDigg this

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

« »